Sebelum memutuskan beli asuransi jiwa, tentunya banyak hal yang Anda jadikan sebagai pertimbangan bukan, seperti diantaranya siapa perusahaan yang menerbitkan produk tersebut, serta yang tidak kalah penting adalah melihat harga premi asuransi jiwa, apakah pas dengan keuangan atau terlalu over budget. Asuransi jiwa ini bukan sekedar produk proteksi keuangan, namun manfaatnya lebih dari itu, seperti bisa menciptakan rasa tenang kepada keluarga sampai dengan digunakan sebagai warisan kepada anak.

Hanya saja memang minat masyarakat untuk menggunakan asuransi jiwa masih terbatas, dibandingkan dengan produk asuransi kesehatan dimana rata-rata masyarakat sudah memilikinya. Padahal tidak semua produk asuransi jiwa dijual dengan premi mahal, faktanya ada banyak perusahaan asuransi masa kini yang menawarkan premi dengan harga yang terjangkau, sehingga bisa disesuaikan dengan keuangan masing-masing.

Pada dasarnya memang membeli asuransi artinya sudah siap untuk meluangkan uang secara rutin setiap bulannya, yaitu dipakai sebagai sarana untuk pembayaran premi, hal ini dilakukan setrusnya sampai masa kontrak habis, agar nantinya polis bisa senantiasa aktif, sehingga Anda juga tetap bisa merasakan manfaat perlindungannya. Karena jika kondisi polis tersebut tidak aktif, otomatis manfaat proteksi juga tidak akan didapatkan.

Namun bukan berarti harus selalu pilih premi asuransi jiwa murah, apalagi terkadang juga ada beberapa resikonya, diantaranya adalah:

1. Manfaat pertanggungjawaban kecil, pastinya banyak diantara Anda yang sudah tahu mengenai hal ini, yaitu harga premi produk asuransi selalu sebanding dengan manfaat pertanggungjawaban yang diberikan. Jadi otomatis ketika premi yang dibayarkan murah, maka besar kemungkinan manfaat yang didapatkan dari produk tersebut juga kecil. Itulah mengapa tidak boleh asal pilih yang menawarkan harga murah. Karena belum tentu nantinya akan sesuai dengan kebutuhan Anda di masa depan. Apalagi dengan banyaknya tanggungan yang dimiliki, serta pengaruh adanya inflasi. Untuk itu jangan terburu-buru pilih yang murah, coba untuk menghitung atau proyeksikan kebutuhan di masa depan, sehingga tahu berapa besar nilai manfaat yang ideal diminta dari asuransi jiwa.

2. Jangka waktu perlindungan yang pendek, artinya tidak memberikan proteksi secara optimal. Produk asuransi jiwa ini sendiri jika melihat dari jangka waktu proteksinya, maka ada asuransi jiwa seumur hidup sekaligus juga produk asuransi jiwa berjangka. Asuransi jiwa seumur hidup memang memberikan masa proteksi yang lebih panjang, namun preminya lebih mahal, sedangkan yang murah biasanya adalah asuransi jiwa berjangka yang perlindungannya relatif lebih pendek. Apalagi dengan resiko premi hangus, jika tidak terjadi klaim selama masa proteksi.

3. Manfaat terbatas proteksi saja, asuransi jiwa ada yang jenisnya asuransi jiwa murni sekaligus juga dwiguna dan unit link. Hal ini didasarkan pada manfaat yang diberikan dari produk asuransi tersebut. Umumnya produk yang murni sekedar untuk proteksi memang menawarkan premi lebih murah atau kecil, dibandingkan dengan yang menawarkan lebih dari satu manfaat, misalnya untuk tabungan ataupun juga investasi. Begitu juga ketika ingin manfaat tambahan lain atau riders, otomatis harga premi produk tersebut lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak punya riders.

4. Perusahaan penerbit yang tidak terpercaya, dewasa ini semakin banyak bermunculan perusahaan-perusahaan asuransi baru yang ada di Indonesia, dimana perusahaan ini menawarkan produk dengan harga premi murah, namun iming-iming manfaat yang besar, hal semacam ini yang harus diwaspadai, karena rata-rata justru bermasalah. Misalnya adalah kondisi keuangan perusahaan yang tidak sehat, sehingga menawarkan promo gila-gilaan untuk mengisi kekosongan uang modal. Pada akhirnya nanti perusahaan bisa saja jatuh bangkrut di tengah jalan, sementara nasabah juga kehilangan uang premi mereka yang sudah dibayarkan.

Boleh-boleh saja pilih premi asuransi jiwa murah, asalkan perusahaan penerbitnya terpercaya, sekaligus juga nilai pertanggungjawaban yang diminta tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan keuangan keluarga di masa depan. Pilih produk yang bagus hanya dari I Love Life, tersedia Flexi Life serta Flexi Life Syariah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Manfaat maksimal untuk proteksi Flexi Life ini mencapai 5 miliar rupiah, sedangkan Flexi Life Syariah mencapai 2 miliar rupiah.